Gunongan Kembaran Taj Mahal Khas Aceh

Gunongan Kembaran Taj Mahal Khas Aceh

Aceh merupakan daerah yang menyimpan banyak sekali pesona destinasi wisata dan juga sejarah-sejarah masa lalu yang cukup menarik. Paket wisata aceh murah akan mengunjungi Salah satu wujud peninggalan masa lalu yang sangat menarik perhatian para wisatawan adalah Gunongan. Tempat ini adalah peninggalan sejarah yang memiliki wujud hampir menyerupai Taj Mahal di India yang sudah sering kita dengar.

Secara bahasa tempat bersejarah ini memiliki arti gunung, yaitu dalam cerita merupakan bangunan yang dirikan dalam bentuk gunungan. Bangunan ini di buat oleh salah satu Sultan pada masa itu yaitu Sultan Iskandar Muda. Untuk kemudian dipersembahkan kepada permaisurinya yaitu Putri Kamaliah yang berasal dari Negeri Pahang, Malaysia.

Jika dilihat secara arsitektur bentuk Gunongan ini memiliki bentuk inti sama dengan bangunan persembahan lainnya seperti Taj Mahal di India, Prasat Hin Phimai di Thailand serta Kastil Stratford di Durban. Semua bangunan-bangunan bersejarah tersebut dibangun dan dipersembahkan untuk orang yang mereka cintai.

Sejarah Asal Usul Gunongan Aceh
Kita pastinya sudah mengetahui jika salah satu tujuan pembangunan bangunan bersejarah ini adalah untuk dipersembahkan kepada permaisuri Sultan Iskandar Muda. Permaisuri Sultan sendiri menggunakan bangunan ini untuk melepas rindu kepada negeri kampung halaman permaisuri berasal. Dia akan menyepi dan menghilangkan segala kerinduannya.

Sultan Iskandar Muda adalah sejarah yang tak terlupakan dari crita nagroe aceh darussalam. Paket wisata banda aceh juga akan membawa anda menelusuri crita bagaimana membangun bangunan ini sekitar tahun 1607 sampai 1636. Memang proses pembangunan yang dilakukan Sultan sangat lama sekali. Hal in terjadi karena terbentur dengana adanya peperangan yang tidak bisa dihindari. Sekitar tahun 1613 sampai 1615 terjadi ekspedisi Aceh yang pada akhirnya dimenangkan oleh Sultan Iskandar. Sultan mengerahkan sekitar 20.000 pasukan darat dan laut untuk menakhlukkan Kerajaan Johor serta Kerajaan Pahang yang berlokasi di Semenanjung Utara melayu.

Dalam kebiasaan peperangan, maka pihak yang kalah akan menyerangkan semua rampasan perang, pajak tahunan dan upeti. Selain itu kerajaan yang kalah harus menyerahkan putri kerajaannya untuk dibawa sebagai salah satu simbol bahwa kerjaan tersebut telah kalah dan takluk. Sebenarnya tujuan membawa putri kerajaan dan memperistrinya adalah agar ada ikatan persaudaraan antara kedua kerajaan tersebut. Jadi kerajaan pemenang akan memiliki wilayah kekuasaan yang lebih besar lagi.

Paket wisata aceh dengan Tour guide kami yang professional akan menceritakan sejarah percintaan iskandar muda dengan putri pahang. Raja dari kerajaan pemenang jatuh cinta kepada putri kerajaan yang kalah. Dan itu ternyata terjadi pada Sultan Iskandar Muda yang jatuh cinta kepada putri kerajaan Pahang. Sang putri memiliki wajah yang cantik dan sifatnya yang halus sehingga apapun akan dilakukan sultan untuk menuruti segala keingingan putri pahang

Sebagai seorang raja, Sultan Iskandar memang mudah sekali mewujudkan segala keinginan putri Pahang. Salah satunya permintaan sang permaisuri untuk membuatkan sebuah taman sari beserta lengkap dengan gunungannya.
Gunongan itu sendiri selain untuk tempat menyepi permaisuri tapi juga digunakan sebagai tempat ganti pakaian setelah mandi di sungai istana. Keberadaan bangunan bersejarah ini memang merupakan salah satu bagian dari taman-taman yang berada di lingkungan kesultanan aceh.

Bagian-Bagian Gunongan Yang Menarik di Aceh
Didalam program perjalanan paket wisata aceh, kami akan mengajak anda mengunjungi  bangunan bersejarah yang menyerupai Taj Mahal ini merupakan salah satu bagian dari Taman Ghairah. Sampai saat ini terdapat sekitar 4 buah bangunan peninggalan yang masih tersisa. Bangunan tersebut antara lain bangunan utama, leusong sebagai kakinya, kandang dan juga Pinto Khop yang berfungsi sebagai pintu gerbang. Pintu Khop ini dahulu menghadap persis ke Istana. Bagian atas dari Pinto Khop ini memiliki hiasan-hiasan yang sangat menarik.

Hiasan-hiasan tersebut tertata rapi dalam bingkai.
Gunongan sebagai bangunan utama memiliki tinggi sekitar 9,5 meter. Dalam model konstruksi bangunan ini menggambarkan sebuah bunga dengan adanya beberapa tingkat. Pada tingkat pertama bersentuhan langsung dengan tanah dan pada tingkat paling tinggi menggambarkan bagian inti dari bunga. Ditandai dengan adanya sebuah tiang yang berdiri tegak di tengah-tengahnya.

Yang membuat cukup unik adalah bangunan bersejarah ini memiliki bentuk oktagonal atau bersegi delapan. Dengan bentuk yang sangat unik ini menarik banyak sekali wisawatan untuk berkunjung. Selain itu Serambi bagian selatan berfungsi sebagai lorong jalan masuk yang tampak sangat pendek. Karena bagian ini tertutup dengan penyangga pintu gerbang yang sampai ke bagian dalam bangunan utama.

Ada juga sebuah batu ukir yang bernama Penterana. Batu ini berbentuk kursi bulat yang membentuk sebuah kelopak bunga dalam kondisi mekar. Diameter batu ukir ini sekitar 1meter dengan tinggi setengah meter. Batu ukir ini menghadap ke arah utara dan dihiasi arabesque di sekelilingnya.

Dalam sejarahnya, batu ini ternyata berfungsi sebagai tahta penobatan bagi para sultan yang pernah memimpin. Sebenarnya terdapat 2 buah Penterana batu yaitu Penterana batu ukir dan Penterana batu warna nilam. Namun sampai saat ini yang bisa dilihat oleh pengunjung hanya yang Penterana batu ukir saja.

Di dalam lingkungan taman sari Gunongan ini juga terdapat tempat pemakanan keluarga Sultan yang diberi nama Kandang Baginda. Di dalam pemakaman ini terdapat makam Sultan Iskandar Tsani dan Istrinya Sultanah Tajul Alam. Bangunan ini berbentuk teras dengan tinggi 2 meter dan dikelilingi oleh tembok tebal. Bahan dasar pembuatan pemakaman ini berupa batu bata kapur.

Jika kita mengunjungi Gunongan ini maka akan ada sebuah padang yang cukup luas dengan nama Medan Khairani. Di area ini merupakan salah satu tempat pemakaman bagi para prajurit Belanda yang meninggal selama perang aceh berlangsung. Di area Taman Ghairah juga terdapat bangunan dengan nama Balai. Di wilayah Taman ini ada banyak sekali Balai yang bisa kita temui dan memiliki hiasan yang berbeda-beda.

Akses Menuju Gunongan Aceh
Kita bisa mengunjungi wisata bersejarah yang menarik ini dengan berbagai cara. Kita bisa datang secara pribadi atau juga dengan paket wisata Aceh. Dengan menggunakan pilihan paket ini kita bisa mendapatkan cukup banyak kemudahan. Karena kita hanya terima jadi tidak perlu mengatur segala kebutuhan selama perjalanan menuju Gunongan ini.

Namun tidak ada salahnya juga jika kita berkendaraan pribadi bersama dengan semua anggota keluarga sambil menghabiskan masa liburan. Wisata bersejarah Gunongan ini terletak di Pusat Kota Banda Aceh. Lebih tepatnya di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Biturahman. Sehingga kita bisa menjangkau lokasi dengan mudah tanpa takut tersesat salah jalan. Untuk memudahkan perjalanan liburan anda, kami menyediakan Paket Tour Aceh 3Hari 2Malam. silahkan dibuka details programnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *