Masjid Raya Baiturrahman Wisata Religi Aceh

Paket Wisata Aceh 4 Hari 3 Malam Murah

Masjid Raya Baiturrahman Wisata Religi Aceh akan mengunjungi salah satu icon banda aceh. Bangunan termegah bukti atas kekuasaan Tuhan disaat bencana tsunami melanda kota Aceh. Ini bisa menjadi wisata yang sangat indah untuk dinikmati. Masjid yang berusia 130 tahun ini memiliki dinding putih cerah serta kubah yang megah dengan warna hitam.

Akan tetapi ada fakta yang mengejutkan tentang bangunan ini, saat bencana tsunami melanda kota Aceh. Bencana tsunami ini menghancurkan bangunan-bangunan di wilayah kota Aceh baik yang lama maupun yang baru, akan tetapi tetap  dapat bertahan dan utuh dari bencana tersebut.

Sejarah Berdirinya Masjid Raya Baiturrahman

Paket wisata aceh akan mengexplore salah satu masjid ternama di aceh. Ini dapat dilihat dalam kitab kerajaan yang menyebutkan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1621 saat kepemimpinan Sultan Iskandar Muda. Kemudian pada tahun 1873, masjid ini dihancurkan tetapi pada tahun 1879 jenderal Vander membangun kembali  atas dasar pentingnya  bagi masyarakat Aceh.

Pada tahun 1936 masjid ini mengalami rekonstruksi kembali dengan menambahkan dua kubah yang dilaksanakan oleh Belanda,  sedangkan pemerintah Indonesia sendiri juga menambahkan dua kubah pada tahun 1957.

  • Lokasi Masjid Raya Baiturrahman

Banguna ini  terletak di pusat kota Banda Aceh menjadi salah satu wisata Aceh yang sangat digemari oleh wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Masjid dengan desain yang elegan memiliki daya tarik yang cukup luar biasa sebagai salah satu destinasi yang patut diabadikan. Desain menara setinggi 35 m, 7 kubah besar serta 7 menara membuat bangunan  ini menjadi masjid terbaik di Indonesia, bahkan mampu menjadi contoh beberapa masjid di semenanjung Malaysia.

Pada tanggal 13 Mei 2017 masjid ini diresmikan oleh wakil presiden kita Jusuf Kalla. Hal ini menyebabkan masjid ini semakin ramai dikunjungi tak hanya untuk sekedar beribadah tetati menjadi tempat wisata yang cukup menarik.

Kini masjid ini di desain lebih baik lagi dengan menambahkan 12 payung elektrik yang menyerupai gaya Masjid Madinah. Tak hanya itu, terdapat juga kolam di halaman depan serta kini pekarangan dilapisi dengan marmer. Bagi wisatawan pun tak perlu khawatir di masjid ini juga dibangun basemant parker sepeda motor dan mobil yang tentunya mampu menampung hingga 254 mobil dan 343 sepeda motor.

Spot menarik di Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu spot yang dapat anda nikmati kini di dalam bangunan ini terdapat 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang. Selain itu, akan didesain dengan lapisan marmer dan rumput serta pemandangan bunga yang warna warni tentunya.

Dari tanggal 28 juli 2015 dilakukanlah perencanaan pembangunan landscape dan infrastruktur setelah dilakukan kegiatan ground breaking pemancang tiang pancang pertama. Mulai dari peletakan paying sebanyak 12 unit dengan ukuran 24 x 24 meter yang tentunya menyesuaikan gaya masjid madinah. Paying-payung yang dipasang ini diharapkan mampu menambah daya tampung Jemaah hingga 24.400 jemaah baik di dalam maupun diluar.

Masjid raya ini sendiri memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Aceh semenjak bencana tsunami tahun 2004 yang meratakan bumi Aceh namun masjid ini tetap berdiri kokoh, yang mana ini juga menjadi bukti peradapan Islam yang tentunya wajib untuk dijaga dan dilestarikan.

Predikat Daya Tarik Wisata Terbaik di kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016

Objek wisata bersejarah ini telah menyedot perhatian wisatawan asing juga untuk melihat kemegahannya dikarenakan masjid ini berada di serambi Mekah dengan gaya Madinah seperti masjid Nabawi. Proyek yang besar ini dikerjakan sejak tahun 2015 oleh PT Waskita Karya dengan dana yang lumayan fantastis mencapai 458 miliar dan selesai pada bulan mei 2017.

Pengerjaan proyek pembangunan masjid raya ini mengubah bentuk dan posisi masjid. Bahkan pada tahun 2016 Masjid Raya Baiturrahman ini meraih predikat “Daya Tarik Wisata Terbaik” pada kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016. Ini tak lepas didukung oleh para stake holder dan pelaku pariwisata yang telah giat dan bersemangat tinggi menjual paket wisata banda aceh dan sabang.

Tips Berkunjung ke Destinasi Liburan di Aceh, khususnya di Masjid Raya Baiturrahman

Aceh dulu yang telah rata dengan tanah akibat bencana tsunami yang menewaskan banyak nyawa kini telah semakin membaik dengan berbagai penataan kota yang baik pula. Mulai mengeksplor destinasi wisata untuk menunjang pembangunan di kota ini. Berbagai hukum dan adat istiadat di Aceh menjadi salah satu ciri khasnya menjadi julukan Serambi Mekah. Salah satu destinasi wisata yaitu Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi wisata religi sekaligus spot Instagramable.

  • Pemesanan Tiket Pesawat

Banyak paket wisata aceh yang ditawarkan oleh pelaku wisata dari kota banda Aceh, jadi jika anda ingin menikmati waktu berlibur anda dengan keluarga tidak ada salahnya untuk memilih wilayah Aceh sebagai salah satu pilihan wisata anda. Tentunya sebelum memulai perjalanan wisata ada baiknya mempersiapkan beberapa hal seperti perlengkapan hingga tiket.

Sebaiknya memesan tiket kereta maupun pesawat melalui situs online pemesanan tiket disamping lebih mudah juga anda dapat menemukan beberapa promo harga tiket yang tentunya akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

  • Pemesanan Akomodasi

Kemudian lakukan juga booking home stay atau hotel untuk tempat istirahat anda sehingga lebih memudahkan tanpa takut atau bingung mencari tempat penginapan. Kemudian hal yang penting pula tentukan destinasi wisata yang akan anda kunjungi sehingga waktu berlibur anda bisa berkualitas tanpa membuang waktu berharga anda.

Masjid Raya Baiturrahman masukkan dalam daftar destinasi wajib dalam paket wisata Aceh anda sehingga tak hanya menikmati keindahan alam tetapi mampu menyejukkan hati. Akan tetapi tentunya pada hakikatnya masjid raya ini sebagai tempat beribadah tak hanya sekedar wisata. Sehingga bukti kekuasaan Tuhan ini tetap indah dan berfungsi untuk menyejukkan jiwa manusia. Jadi tetap diharapkan masjid ini tidak hanya ramai untuk sekedar berwisata tetapi ramai juga untuk beribadah.

Aceh kini mampu berdiri dengan baik mengandalkan pemasukan dari beberapa destinasi wisata yang ada. Keterpurukan akan bencana besar yang melanda hingga memakan korban lebih dari 230 ribu jiwa tak meruntuhkan semangat masyarakat Aceh untuk tetap bangkit.

  • Tujuan Wisata dan Transportasi

Salah satu bisa dijadikan tujuan wisata ialah Masjid Raya Baiturrahman ini telah menunjukkan seberapa besar kekuasaan Tuhan atas alam ini. Maka dari itu, diharapkan manusia selalu mawas diri dan tetap melanjutkan kehidupan ini dengan bahagia. Destinasi wisata religi ini juga sebagai kajian peradaban Islam di Aceh bahkan di Nusantara.

Ada baiknya lagi masjid yang indah dan megah ini selalu menjadi tempat beribadah yang khusuk kepada Tuhan agar Nusantara ini selalu terhindar atas segala bencana. Transportasi salah satu penunjang penting sebagai fasilitas untuk tour di sini.

Untuk mengexplore beberapa destinasi wisata di banda aceh dan sabang kami pelaku tour operator di aceh dan sabang memberikan kemudahan kepada user dengan membeli paket wisata aceh, anda tidak perlu lagi bingung harus mencari dimana makan yang enak, bagaimana dengan hotel dan transportnya, tapi semua sudah kami kemas didalam paket wisata aceh sabang ini. Selamat berlibur…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *