Objek Wisata Benteng Jepang Pulau Sabang Heritage

Objek Wisata Benteng Jepang Pulau Sabang Heritage

Objek Wisata Benteng Jepang Pulau Sabang Heritage adalah sebuah situs yang menjadi destinasi wisata terbaik di Pulau sabang. Paket wisata banda aceh dan tour sabang murah dengan program terbaik. Didalam paket tour ini akan kami kemas rute perjalananan anda mengunjungi beberapa heritage di Banda aceh dan pulau sabang. Memang salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak sekali sejarah dan juga destinasi wisata. Bahkan Aceh merupakan salah satu rekomendasi tujuan untuk menikmati waktu liburan. Aceh sendiri juga memiliki banyak sekali tempat dengan pesona wisatanya seperti Sabang dengan Benteng Jepang yang cukup terkenal. Daerah Sabang sendiri merupakan daerah yang penuh cerita tentang para tentara Belanda dan Jepang pada masa penjajahan.

Sejarah Peninggalan Jepang

Ada banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah Belanda dan Jepang yang sampai saat ini masih bisa kita lihat dan pelajari. Objek Wisata Benteng Jepang Pulau Sabang Heritage dan paket tour sabang murah akan mengexplore destinasi wisata menarik seperti yang telah diuraikan diatas. Karena memang kita sebagai generasi penerus bangsa ini harus bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari para pejuang kemerdekaan. Kita bisa merenung dan menghayati melalui media Benteng Jepang ini mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan dalam menghadapi para penjajah yang berusaha menguasai Tanah Air ini.
Jika kita lihat dengan detail, memang kondisi benteng-benteng ini tidak terawat sama sekali.

Kondisi ini bisa dikatakan wajar karena memang hampir semua warga setempat tidak begitu memperdulikan keberadaan benteng Jepang ini. Mereka pastinya juga kebingungan peninggalan ini bisa dimanfaatkan untuk apa selain sebagai tempat wisata sejarah. Apalagi orang yang berminat dengan wisata sejarah bisa dikatakan cukup sedikit.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali benteng-benteng pertahanan dari para tentara Jepang maupun Belanda yang sampai saat ini masih berdiri kokoh. Kebanyakan benteng-benteng tersebut digunakan sebagai museum jika memang memiliki kaitan dengan para pahlawan sekitar benteng. Namun jika tidak ada kaitannya maka akan menjadi tempat wisata untuk berfoto-foto atau juga melihat kenangan perjuangan rakyat Indonesia. Paket wisata aceh sabang akan membawa anda mengunjungi destinasi tersebut dengan pelayanan yang memuaskan.

Sejarah Benteng Anoi Itam aceh

Salah satu benteng di Sabang yang cukup terkenal bagi warga sekitar dan wisatawan adalah Anoi Itam. Lokasi Benteng ini berada di sisi sebelah Timur Pulau Weh yang juga terdapat pantai indah dengan nama yang sama. Menurut cerita, benteng ini dahulu merupakan salah satu tempat penyimpanan senjata dan amunisinya selama terjadi Perang Dunia II. Selain itu juga sebagai tempat bersembunyi dan berlindung tentara Jepang dari musuhnya.
Dari keterangan BPKS pada 14 Juli 1942 wilayah Sabang dimanfaatkan sebagai markas dari Angkatan Laut ke-9 Armada Expeditional 1 Jepang. Keberadaan Angkatan ini juga semakin kuat dengan adanya penjaga-penjaga khusus seperti penjaga Pantai, penjaga perhubungan, Kapal Perusak Murakomo, Kapal Perusak Yugiri dan juga Kapal Patroli Eiko Marusetra.

Jika kita pahami, ternyata wilayah Pulau Weh ini merupakan salah satu wilayah di Nusantara terutama Aceh yang sangat penting bagi kedudukan Jepang saat itu. Terutama perlawanan Jepang terhadap pasukan tentara Sekutu yang berada di kawasan Samudera Hindia. Jepang terus melakukan pembenahan, dan juga mulai membesarkan wilayah Pulau Weh ini.

  • Pangkalan Angkatan Laut

Sampai sekitar tahun 1942-1945 wilayah Pulau Weh ini menjadi sebuah pangkalan Angkatan Laut Jepang yang cukup kuat dan solid. Bahkan Benteng Jepang ini juga merupakan salah satu pusat berhentinya Kapal perang untuk mengisi Bahan Bakar, persediaan logistic dan juga air minum. Sehingga kekuatan utama Jepang saat itu salah satunya berada di Pulau Weh ini.

Namun kejayaan Angkatan Laut Jepang di Pulau Weh harus ditarik. Karena pada tanggal 1 September 1945, pasukan sekutu melakukan serangan besar-besaran untuk menghancurkan benteng Jepang yang kuat ini. Mereka sampai mengerahkan sekitar 25 Kapal Perang.
Benteng Anoi Itam ini bisa kita kunjungi dengan bantuan dari penyedia paket tour Aceh atau juga dengan kendaraan pribadi. Lokasi benteng Jepang ini berada sekitar 4 kilometer dari Pusat Kota Sabang. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor. Karena memang benteng ini cukup mudah diakses.

Wisata Unik Bentang Jepang Anoi Itam

Di dalam paket tour sabang, destinasi ini akan dikunjungi mengingat bagaimana sejarah benteng ini menjadi sebuah basis Angkatan Laut Jepang yang cukup kuat, membuat banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Terutama wisatawan-wisatawan yang gemar dengan sejarah. Memang benteng ini bisa dikategorikan wisata yang cukup unik dan menarik untuk kita kunjungi.
Jika pada umumnya wisata benteng berada di daratan dan menjad basis pertahanan darat, tapi benteng Anoi Itam ini berbeda. Sebagai basis Angkatan Laut Jepang, benteng ini memiliki model dan kontruksi yang berbeda dengan benteng yang sudah sering kita temui dan kunjungi pada umumnya. Di benteng Jepang bahkan kita bisa melihat lautan lepas yang sangat luas dengan warnanya yang biru akan membuat kita kagum.

Memang benteng ini diatur sedemikian rupa agar orang-orang yang ada di benteng dapat memantau secara jelas lalu lintas kapal di Samudera Hindia tanpa ada yang menghalangi. Saat mulai memasuki kawasan benteng, kita akan disuguhkan bukit-bukti yang tampak hijau dan segar dengan anak tangga yang kecil-kecil dan banyak. Pepohonan di sekitar Benteng Jepang ini juga sangat rindang. Karena memang jarang sekali dirawat dan masih sangat alami.

  • Indah

Saat kita melihat ke bagian sebelah kiri benteng, maka akan terlihat dengan jelas garis pantai Anoi Itam yang sangat indah dan panjang. Selain itu juga terlihat gugusan pohon-pohon nyiur yang tersusun sangat rapi membentang. Pada bagian belakang benteng, kita bisa bersantai menikmati hembusan udara Samudera Hindia yang sangat sejuk dan segar sambil makan rujak yang dijual oleh warga sekitar.

Nah yang unik, jika beruntung kita bisa melihat segerombolan ikan-ikan yang cantik dan berwarna-warni dari atas benteng ini. Tepat di bawah tebing benteng ini merupakan kawasan karang-karang. Sehingga menjadi tempat utama para ikan untuk mencari makan. Bahkan masyarakat sekitar juga menjadikan benteng Jepang ini sebagai salah satu spot memancing. Karena memang daerah benteng ini terdapat banyak sekali jenis ikan yang bisa dipancing.
Sebenarnya di dalam benteng-benteng ini terdapat terowongan-terowongan seukuran manusia. Fungsi utama terowongan ini adalah untuk menghubungkan satu benteng ke benteng lainnya. Namun saat mulai dikelola sebagai kawasan wisata, terowongan tersebut ditutup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada pintu masuk Benteng Jepang Anoi Itam, kita akan disambut dengan sebuah meriam besi yang besar. Meriam tersebut memiliki ukuran sekitar 3 meter dan masih asli peninggalan Jepang pada masa itu. Walaupun memang benteng ini menyimpan sejarah kelam perjuangan bangsa Indonesia, paling tidak kita bisa mengambil sisi positifnya dari segi pariwisata. Untuk menikmati liburan anda, kami menyediakan Paket Wisata Aceh Sabang 4Hari 3Malam, silahkan buka link ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *