Objek Wisata Di Banda Aceh Yang Wajib Anda Kunjungi

Mesjid Baiturrahman objek wisata di Banda AcehHoresabang.co.idObjek wisata di Banda Aceh memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pasalnya Aceh menyimpan banyak pesona wisata, mulai dari wisata sejarah, budaya, dan alam. Beberapa objek wisata terbaik di Aceh bahkan berada di sini dan anda bisa menikmatinya jika anda menggunakan paket tour Aceh. Semenjak tragedi tsunami 2004 Aceh perlahan mulai bangkit dan menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

Namun jangan asal pilih travel wisata yang menyediakan paket tour perjalanan wisata, pilih yang sudah berpengalaman dan juga travel agent resmi. Salah satunya adalah Bintan Travel, merupakan travel agent resmi yang menyediakan paket tour Aceh dan wisata Sabang. Anda bisa menghubungi di wa  0822 74 555 333 dan dapatkan pelayanan yang ramah dan memuaskan.

Berikut beberapa objek wisata di Banda Aceh yang wajib Anda kunjungi jika liburan ke Aceh.
Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu ikon Banda Aceh. Masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612, dan menjadi pusat pengajaran agama Islam. Masjid ini memiliki arsitektur ala Kesultanan Aceh, India, dan Turki, lengkap dengan dekorasi indah serta kolam air mancur. Masjid ini terkenal karena tetap berdiri walau di terjang tsunami pada tahun 2004 lalu.

Pantai Ulee Lheue

Pantai UleeLheue adalah pantai wisata terkenal di Kecamatan Meuraksa. Pantai ini merupakan tempat favorit untuk melihat matahari terbenam. Keunikan pantai ini adalah pasirnya yang berwarna hitam dan di percaya bisa menyembuhkan gangguan kulit. Pengunjung bias bermain air, menyewasepeda air, memotret, sertamakan dan minum di kedai sederhana di sekitar pantai.

Taman Putroe Phang

Taman Putroe Phang merupakan taman kerajaan yang diprakarsai oleh Sultan Iskandar Muda sebagai hadiah untuk permaisurinya, Putri Kamaliahdari Kerajaan Pahang. Taman ini memiliki kolam, Pintu Khop (pintu penghubung kejalur bawah tanah yang mengarah ke istana pada zaman dulu), jembatan gantung di atas kolam, serta selasar berkanopi. Taman ini memiliki fasilitas seperti toilet, tempat bermain anak, berbagai tempat duduk, serta tempat ibadah. Di sekitarnya banyak terdapat pedagang makanan.

Pantai Lhoknga

Berlokasi di KecamatanLhoknga, sekitar 20 km daripusat Banda Aceh, Pantai Lhoknga terkenal sebagai surga selancar. Pantai ini memiliki lima lokasi selancar dengan ketinggian ombak antara 1,5 hingga 2 m.

Selain berselancar, kegiatan populer di Pantai ini adalah memancing serta memotret matahari terbenam. Terdapat tempat penyewaan papan selancar sertakedai-kedai kopi di pantai ini.

Museum Sejarah Tsunami Aceh

Monumen dari kejadian tsunami 2004 di Aceh salah satunya ialah di bangunnya Museum Tsunami Aceh, museum ini di bangun oleh arsitek Indonesia Ridwan Kamil dan di design agar bisa menjadi tempat evakuasi bila terjadi tsunami lagi di Aceh. Di museum ini ada ruangan yang bernama Space of Sorrow di mana nama – nama korban tsunami tertempel di dindingnya.

Bila anda mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke museum ini, coba anda perhatikan dari atas, museum ini merefleksikan bagaimana gelombang tsunami. Namun apabila anda melihatnya dari samping atau bawah maka museum ini akan tampak seperti kapal penyelamat dengan geladak yang luas sebagai escape building yang bisa di gunakan oleh para warga.

Pantai Lampuuk

Berada tidak jauh dari Pantai Lhoknga, Pantai Lampuuk terkenal karena pernah rusak diterjang tsunami, walau sekarang sudah kembali buka. Pantai ini memiliki pasir putih dan air yang jernih, dengan beberapa titik berfoto (termasuk sederet ayunan di bibir pantai). Di dekat pantai ini, terdapat penginapan yang sengaja dibangun di atas tebing agar aman jika terjadi tsunami lagi.

Taman Sultanah (Ratu) Shafiatuddin

Taman SultanahS hafiatuddin adalah tempat wisata budaya yang menyimpan 23 replika rumah adat Aceh dari berbagai area. Setiap rumah tersebut menyimpan berbagai koleksi barang dan artefak tradisional. Akan tetapi, pengunjung hanya boleh masuk kerumah-rumah tersebut saat sedang ada acara seperti festival kebudayaan. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa kalender wisata.

Berbagai objek wisata di Banda Aceh ini bisa Anda kunjungi dalam waktu singkat, cocok untuk wisatawan dengan waktu liburan terbatas. Jadikan Banda Aceh sebagai tujuan wisata Anda sekarang juga.

Baca juga : 4 rekomendasi penginapan murah di sabang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *