Pesona Pulau Weh Ujung Barat Indonesia

Pesona Pulau Weh Ujung Barat Indonesia
Pesona Pulau Weh  Ujung Barat Indonesia, pulau Weh yang biasa pula disebut pulau We ialah pulau vulkanik berukuran kecil yang berada di arah barat laut Sumatra. Pulau ini dahulu pernah menyatu dengan Sumatra, tetapi kemudian terpisah setelah letusan gunung berapi zaman Pleistosen. Luas wilayah pulau ini sekitar 156,3 km² km² dan mempunyai beberapa pegunungan. Puncak paling tinggi di pulau ini ialah gunung fumarolik ketinggian 617 m atau 2024 kaki.
Pulau Weh terkenal dengan keindahan ekosistemnya. Ikan Hiu bermulut besar bisa ditemukan di sekitar pantai pulau We. Selain itu, tempat ini juga menjadi satu-satunya habitat Bufo Valhallae yakni jenis katak yang terancam punah. Tahun 1997-1999, pihak Conservation International melaksanakan survei pada terumbu karang yang hidup di sekitar pulau Weh. Selama 2 tahun survey tersebut, diketahui bahwa keanekaragaman terumbu karang relatif sedikit, akan tetapi keragaman spesies ikan terbilang besar.
Klah, Seulako, Rubiah, dan Rondo merupakan 4 pulau kecil disekeliling Pulau We. Di antara 4 pulau tersebut, pulau Rubiah lebih dikenal sebagai tempat wisata menyelam, sebab terumbu karangnya yang indah. Tugu 0 KM merupakan salah satu destinasi wisata di pulau ini, terutama wisatawan domestik. Berada di lautan Andaman, kota paling besar di Pulau tersebut adalah Sabang yang dibagi dua yakni Kota Bawah dan Kota Atas.
Kota Atas berada di bagian utara, mempunyai deretan gedung yang dibangun di zaman kolonial peninggalan penjajah Belanda. Selain itu, Kota Atas memiliki keindahan pemandangan teluk. Sedangkan Kota Bawah berada di selatan Sabang. Di Kota Bawah terdapat pemukiman tradisional namun tetap, kopi Aceh dapat dinikmati di restoran maupun warung-warung.

Paket tour Aceh, Pesona tempat wisata di Pulau Weh

Apabila berwisata ke pulau Weh, berikut ini referensi obyek-obyek wisata keren di Pulau ujung barat Indonesia. Dengan paket tour Aceh wisatawan akan semakin mudah berwisata. Tempat-tempat wisata berikut letaknya berurutan, bila wisatawan menyusuri pulau mulai dari Pelabuhan Balohan arah timur:

1. Anoi Itam

Obyek wisata pantai ini tidak jauh jika berangkat dari pelabuhan. Pantai ini dihiasi pasir hitam yang khas sebagai pasir vulkanis. Tidak heran, bila Pulau We memang mempunyai gunung berapi berukuran kecil tetapi masih aktif. Anoi Itam mempunyai pemandangan indah dan wisatawan dapat berkunjung ke beberapa benteng-benteng yang dibangun pada masa penjajahan Jepang, namun masih dijaga kelestariannya.

2. Aneuk Laot

Obyek wisata danau ini memiliki ukuran cukup besar. Aneuk Laot merupakan salah satu sumber air sekaligus PLTA untuk seluruh warga pulau Weh. Wisatawan dapat menikmati keindahan danau dari kendaraan, dikarenakan jalannya berkelok di satu bagian danau. Bisa juga wisatawan turun menuju tepian danau untuk memandangi keindahannya sekaligus melihat warga yang beraktivitas memancing serta mengurus tambak ikan.

3. Sumur Tiga

Obyek wisata pantai ini merupakan salah satu yang paling indah yang berada di pulau Weh. Terdapat tiga sumur yang berisi air tawar di sepanjang pantai. Pantai ini dihiasi oleh pasir berwarna putih bahkan sangat bersih. Putihnya pasir pantai tampak kontras dengan air laut yang berwarna gradasi warna biru muda ke biru tua.

4. Pria Laot

Obyek wisata air terjun ini berawal dari aliran air sungai bernama Pria Laot. Untuk mencapai obyek wisata air terjun ini, wisatawan harus memarkirkan kendaraan lebih dulu di ujung jembatan pedesaan dan melanjutkan dengan jalan kaki sejauh kira-kira 1 kilometer. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah, ditambah dengan kehadiran rimbunan pohon di sekelilingnya. Ketinggian air terjun ini kira-kira 10 meter. Oleh karena itu, arus jatuh airnya tidak terlalu deras. Wisatawan dapat berenang dengan santai di dalam kolam air terjunnya.

5. Gapang

Obyek wisata pantai ini merupakan salah satu obyek wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan domestic maupun mancanegara. Fasilitas lengkap diving, snorkeling dan kapal-kapal pengantar diver menuju spot-spot penyelaman yang menawarkan keindahan bawah laut luar biasa. Di lepas pantai Gapang, ada titik hydrothermal penghasil gelembung panas dari dalam air.

6. Iboih

Obyek wisata pantai ini tidak jauh pantai Gapang. Wisatawan yang mendatangi Iboih akan dimanjakan dengan pemandangan indah, hamparan pasir putih serta air laut jernih. Di sekitar Iboih terdapat sederetan penginapan, sehingga wisatawan yang hendak pergi ke Pulau Rubiah dapat bermalam di sekitar Iboih lebih dulu. Saat berwisata ke Iboih wisatawan akan melihat jejeran kapal-kapal para nelayan di pelabuhan yang dapat mengantar wisatawan mengunjungi Pulau Rubiah.

7. Rubiah

Rubiah merupakan salah satu obyek wisata primadona yang berada di sekitar Pulau Weh. Untuk menuju pulau Rubiah ini wisatawan dapat mencapainya dengan sewa kapal di Pantai Iboih. Lama perjalanan menuju pulau ini sekitar 15 menit. Taman laut di sekitar Rubiah merupakan tempat tinggal beragam ikan-ikan hias serta beragam jenis koral. Bagi wisatawan penghobi diving dang snorkeling akan menemukan ikan kakatua atau parrot fish berwarna mencolok dan ukuran cukup besar. Namun para diver sebaiknya tetap berhati-hati karena arus sekitar cukup kuat.

8. Monkey Road

Di obyek wisata ini, wisatawan dapat berinteraksi dengan monyet dengan memberikan pisang. Sesuai namanya tempat ini sebenarnya merupakan jalur jalan raya namun monyet liar banyak berkeliaran. Jalur jalan raya monkey road ini merupakan jalur bagi wisatawan menuju Tugu 0 KM yang ada di utara Pulau Weh.

9. Tugu 0 KM

Tugu ini berada kira-kira 5 km dari Iboih. Tugu 0 KM memiliki tinggi sekitar 22,5 m dpl dan menjulang pada sisi tebing. Tugu 0 KM menghadap ke Samudera Hindia dan wisatawan tidak akan temukan daratan sejauh pandangan mata. Di tugu ini, wisatawan juga akan mendapatkan sertifikat dengan nomor urut kunjungan ke Tugu 0 KM.

10. Keuneukai

Di obyek wisata pemandian air hangat ini berada di arah selatan Pulau We. Setelah lelah berjalan-jalan, tak ada salahnya untuk melemaskan otot-otot dengan berendam air hangat di pemandian Kaneukai. Sumber air pemandian ini dari gunung yang berada di tengah pulau Weh. Pemandangan pantai ditawarkan di tempat pemandian ini, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekaligus melepaskan letih.
Call / WhatsApp 0822 74 555 333
Mari kita lihat link details tour program paket wisata aceh berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *