Pulau Rubiah Paket tour Aceh Sabang Terkenal

Pulau Rubiah Paket tour Aceh Sabang Terkenal
Pulau Rubiah Paket tour Aceh Sabang Terkenal, Asal Usul dan Keragaman Wisata di Pulau Rubiah  Pulau Cantik di Ujung Barat Indonesia. Wilayah Aceh memang merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal sekali. Destinasi wisata ini bagus, terutama Sabang. Salah satu jenis destinasi wisatanya yang cukup terkenal adalah wisata bahari di Pulau Rubiah. Pulau ini merupakan bagian dari Sabang kota Banda Aceh yang sudah cukup terkenal. Bahkan sampai banyak sekali wisatawan mancanegara yang mengunjungi kawasan wisata ini.
Kawasan Pulau Rubiah masih terasa sangat alami dan asri. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni sama sekali. Jadi bisa kita bayangkan bagaimana ketenangan dan kenyamanan di pulau ini. Di dalam masih ada beberapa kios-kios penjual makanan dan minuman yang disediakan bagi para pengunjung.

Asal Usul Pulau Rubiah

Mungkin bagi kita yang bukan orang asli Aceh akan sangat asing mendengar nama Rubiah. Namun bagi masyarakat Aceh, nama tersebut sangat akrab dan sering mereka dengar sejarah asal usulnya. Penamaan Rubiah sendiri ternyata juga ada sejarahnya yang cukup menarik. Menurut beberapa cerita, pada jaman dahulu ada seorang bernama Siti Rubiah yang merupakan istri dari Tengku Ibrahim dengan gelar tengku Iboih.
Tengku Ibrahim sendiri merupakan salah satu ulama dan guru mengaji di daerah sekitarnya. Dan istrinya juga merupakan wanita yang cukup taat. Namun suatu hari Tengku Ibrahim harus melakukan kegiatan dakwah yang membuatnya menetap di Pulau Weh. Dan akhrinya Siti Rubiah menyusulnya ke Pulau Weh. Namun seiring berjalannya waktu kedua pasangan ini terlibat pertengkaran.
Dari pertengkaran ini membuat mereka berdua harus berpisah. Siti Rubiah memutuskan untuk berpindah tempat tinggal di pulau seberang dari tempat tinggal Tengku Ibrahim. Nah, dari sinilah pulau tempat tinggal dari Siti Rubiah diberi nama Pulau Rubiah.

Beragam Wisata yang Menarik di Pulau Rubiah

Salah satu wisata andalan dari Pulau Rubiah ini adalah taman laut yang sangat indah dan mempesona. Bahkan karena pesonanya, hampir setiap minggu pulau ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin menikmati keindahannya. Ada berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya seperti diving atau juga snorkeling.
Kondisi keindahan alam bawah laut ini juga didukung dengan kondisi air laut yang tenang. Sehingga banyak sekali wisatawan yang datang dan mereka tidak perlu khawatir dengan ombak yang besar. Selain itu warna dari air laut di pulau ini juga sangat mempesona wisatawan dengan warna birunya yang sangat segar yang khas.
Ada berbagai jenis biota laut yang bisa kita lihat dengan jelas jika diving atau juga snorkeling.  Di Pulau Rubiah ini ada kumpulan-kumpulan terumbu karang yang sudah hidup secara alami. Sehingga membuat banyak sekali ikan-ikan kecil yang cantik berkeliaran di sekitar terumbu karang. Ada juga beberapa benda-benda manusia yang menjadi rumah bagi ikan-ikan ini seperti kapal yang sudah karam dan tidak terpakai atau yang lainnya.
Sayangnya untuk menikmati terumbu karang yang masih sangat indah dan alami kita harus menyelam sedikit lebih jauh. Terumbu karang sekitar yang dekat sudah cukup rusak karena terkena kapal atau benda keras lainnya. Kerusakan tersebut sebenarnya tidak begitu parah tapi cukup mempengaruhi keindahan alam bawah laut Pulau Rubiah. Di Pulau ini kita juga akan menemukan beberapa Benteng-benteng peninggalan jaman Belanda dan Jepang yang sudah tidak digunakan.
Yang unik dari kawasan alam bawah laut ini adalah ada sebuah spot yang hanya ada pasir putih saja di dasar laut. Dan di tempat tersebut diletakkan berbagai benda yang umumnya berada di darat seperti meja, kursi, ayunan, motor, mobil dan lain-lain. Bahkan ada juga miniatur tugu 0 kilometer Aceh yang sangat khas. Spot cantik ini bisa kita jadikan untuk hiburan dan berfoto-foto.

Rubiah Surga Penyelam

 Bagi kita yang masih sedikit khawatir saat menyelam, jika di Pulau Rubiah ini tidak perlu khawatir lagi. Keamanan menyelam di sini bisa dikatakan sangat terjamin. Beberapa tanpa pelampung dan ada tali yang melintang penanda batas. Jika menyelam dan menikmati kehidupan bawah laut, jangan khawatir akan ada kapal atau perahu yang melintas. Jika ada yang melintas, kapal tersebut pasti akan sangat pelan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudahan Akses ke Pulau Rubiah

Nah, bagi kita yang ingin berkunjung ke Pulau Rubiah yang indah ini bisa menggunakan berbagai fasilitas transportasi yang disediakan. Namun kita hanya bisa melintas dengan rute dari Pantai Iboih atau Pantai Gapang. Rute inilah yang paling dekat dan mudah untuk menuju pulau tersebut.
Kita bisa memilih paket tour Aceh yang akan memudahkan segala urusan transportasi atau dengan mengunjungi secara pribadi. Tapi kita harus bisa mencari kapal-kapal yang cocok dengan kita. Pulau ini terletak sekitar 24 kilometer dari kota Sabang dan bisa ditempuh menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.
Bahkan kita juga bisa memilih kapal yang memilih kaca pada bagian dasarnya sehingga untuk melihat keindahan bawah laut tidak perlu menceburkan diri. Namun kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan berbagai biota bawah laut yang sangat cantik-cantik. Untuk peralatan snorkeling dan diving juga bisa kita temukan dengan mudah disekitar Pantai Iboih. Ada juga alternatif dengan menyewa peralatan dari anak-anak yang biasanya menawarkan kepada wisatawan.

Kuliner dan Penginapan di Sekitar Rubiah

Jika berkunjung ke suatu destinasi wisata memang rasanya belum lengkap jika belum merasakan kuliner daerah setempat. Nah, jika berkunjung ke Pulau Rubiah, kita bisa menikmati berbagai jenis masakan yang sangat lezat dan menggugah selera kita. Menikmati berbagai makanan akan sangat cocok sehabis kita bermain-main di sekitar pulau. Ada salah satu menu yang cukup unik yaitu Bakso Petir. Di dalam bakso ini terdapat cabai yang akan memberikan sensasi pedas meledak jika kita menggigitnya.
Namun saat ini belum disarankan untuk menikmati suasana Pulau Rubiah yang tenang, alami dan asri di malam hari. Daerah pulau ini tidak ada penginapan sama sekali. Pada dasarnya pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan tidak ditinggali. Sebagai alternative, kita yang ingin lebih lama menikmati laut bisa menginap di Pantai Iboih atau Pantai Gapang. Ada beberapa penginapan yang bisa kita gunakan di sana.
Berikut kami tawarkan program dan paket tour aceh sabang murah, lengkap, terbaik, berkualitas dan memuaskan. Mari nikmati pelayanan terbaik dari kami. Silahkan klik link berikut.

KLIK : Paket Tour Aceh 2 Hari 1 Malam

KLIK : Paket Wisata Aceh Sabang Lengkap  3 Hari 2 Malam 

KLIK : Paket Tour Sabang Aceh Terlengkap Berkualitas 4 Hari 2 Malam

Untuk reservasi dan jawaban express 24 jam silahkan hubungi Cs kami langsung :
CALL / WA   0822 74 555 333

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *