Tugu Nol Kilometer Indonesia, Monumen Terkenal di Sabang

Paket wisata sabang – Bagi yang sedang berada di Aceh, terlalu terlalu disayangkan terkecuali tidak mampir ke Tugu Nol Kilometer di Kota Sabang. Datang ke monumen ini, berarti anda telah menjejakan kaki di titik paling barat Indonesia. Banyak wisatawan loka dan mancanegara sengaja mampir untuk berfoto di Tugu Nol Kilometer.

Indonesia sendiri mempunyai dua tugu nol kilometer. Tugu pertama berada di ujung barat Indonesia yakni Sabang dan tugu ke dua berada di timur Indonesia yakni di Merauke. Dengan begitu mampu dibilang monumen ini seakan simbol pemersatu Nusantara.

Tugu Nol Kilometer atau terhitung disebut Monumen Nol Kilometer tepatnya berada di Pulau Weh di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pulau Weh sendiri merupakan pantai paling diburu oleh para traveller.

Tak cuma berfoto saja, di kurang lebih tugu ada banyak wisata Indah seandainya saja Pantai Iboih. Bukan cuma itu saja di kurang lebih tugu kebanyakan bergelantungan monyet-monyet yang mengharakan makanan dari pengunjung.

Diresmikan Tahun 1997

Tugu Nol Kilometer pertama kali diresmikan tanggal 9 September 1997 oleh Wakil Presiden Try Sutrisno. Dua pekan sehabis itu B.J. Habibie yang kala itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi memberikan sebuah prasasti. Paket Tour Aceh Malaysia 3D2N

Di dalamnya dijelaskan terkecuali penetapan Tugu Nol Kilometer tak serampangan karena telah dilakukan pengukuran terlebih pernah oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pakai Global Positioning System. Kemudian bersamaan berkembangnya waktu, tugu ini jadi besar dan megah karena direnovasi.

Bangunan ini mempunyai tinggi 22,5 meter. Namun berdasarkan prasati ketinggian Tugu Nol Kilometer raih 43,6 dari atas permukaan laut. Ada empat pilar penyangga yang menjadi simbol batas-batas negara yakni Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote.

Fasilitas di Tugu Nol Kilometer memadai memadai, tak sekedar lahan parkir yang luas, area ibadah, area sampah dan toilet di kurang lebih bangunan terhitung terkandung penjaja makanan dan minuman.

Bukan cuma itu saja, ada terhitung yang menjual souvenir seperti kaos, pin sampai miniatur Tugu Nol Kilometer. Jika anda menghendaki bermalam kurang lebih lima kilometer terkandung penginapan bersama dengan harga berbeda-beda.

Nah, dari semua itu yang paling menarik adalah sertifikat yang mampu didapatkan pengunjung. Sertifikat itu disempurnakan bersama dengan sinyal tangan dan nama pejabat yang berwenang. Nantinya sertifikat ini sebagai tandanya anda telah pernah mampir ke titik nol Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Live Chat