Wisata Pesona Pantai Lampuuk Bangkit Dari Tsunami

Wisata Pesona Pantai Lampuuk Bangkit Dari Tsunami

Wisata Pesona Pantai Lampuuk Bangkit Dari Tsunami. Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah. Mungkin banyak dari kita yang juga mengenal kota Aceh dari tragedi Tsunami yang gempar hampir ke seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak, bencana yang menerjang Pantai Lampuuk tersebut mengakibatkan korban ratusan ribu jiwa meninggal. Nama bandara udara nya adalah Sultan iskanda muda atau Iskandar muda airport.

Namun seiring berjalannya waktu, Aceh mulai berusaha dipulihkan oleh pemerintah dan juga masyarakat setempat. Mereka berusaha memperbaiki dari segi ekonomi, kehidupan sosial sampai pariwisata.
Sebelum tragedi Tsunami tersebut memang Pantai Lampuuk merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat mempesona dan menghipnotis setiap mata para wisatawan yang berkunjung. Bahkan Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung dari waktu ke waktu. Banyak sekali wisatawan yang datang untuk menikmati suasana menyegarkan di pantai atau juga bermain-main air pantai bersama keluarga. Mereka ada yang berasal dari daerah sekitar seperti Banda Aceh dan juga daerah-daerah lainnya.

Memang pantai ini menampilkan sebuah kombinasi pasir yang putih bersih dengan dihiasi pohon-pohon pinus yang cukup lebat. Kita bisa menikmati udara laut yang dingin dan pesona Pantai Lampuuk di bawah pohon-pohon pinus yang cukup rindang ini. Jadi tidak harus ikut bermain-main air atau juga pasir pantai. Dengan bersantai sambil menikmati hembusan angin saja sudah sangat menenangkan diri kita.

Kebangkitan Pantai Lampuuk Dari Tsunami

Sekarang jika kita mengunjungi Pantai ini, sudah mulai mengalami pemulihan yang cukup signifikan. Pemulihan ini didukung oleh masyarakat setempat yang cukup terbantu perekonomiannya dengan adanya pantai ini. Mereka bisa memberikan berbagai fasilitas pendukung kepada para wisatawan yang berkunjung. Selain itu Pemerintah setempat juga mengambil andil yang cukup besar untuk pemulihannya.

Jika pantai ini bisa pulih seperti semula, maka akan banyak sekali pihak yang diuntungkan. Warga setempat akan mendapatkan penghasilan yang cukup, serta pemerintah juga akan mendapatkan pendapatan daerah. Memang Pantai Lampuuk ini merupakan salah satu pantai di Aceh yang mengalami kerusakan cukup parah akibat diterjang Tsunami besar 2004 lalu.

Hampir semua fasilitas pendukung yang sudah berdiri kokoh di sekitar pantai seperti hotel, penginapan, kios-kios souvenir, tempat parkir dan lain-lain hancur lebur diterjang ganasnya Tsunami. Dalam jangka sekitar satu tahun semenjak Tsunami tersebut, Pantai ini sudah mulai ramai kembali dikunjungi para wisatawan. Bahkan berkat rehabilitasi yang dilakukan, pengelolaan Pantai digabungkan dengan pengelolaan tempat wisata lainnya seperti Pulau Weh.

Dengan jalan ini maka akan bisa mendukung proses pengembalian citra kawasan wisata Pantai Lampuuk Aceh yang sempat turun. Bahkan ada banyak sekali aktivis dan relawan dari luar negeri yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati pantai atau juga berselancar. Sehingga akan meningkatkan kepopuleran pantai ini ke mata wisatawan mancanegara.

Akses Menuju Pantai Lampuuk

Untuk kita yang ingin berkunjung ke Pantai yang indah satu ini rutenya cukup mudah. Kita bisa memilih salah satu jalur dari empat yang disediakan pengelola. Jalur tersebut ada Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan juga ada Babah Empat. Dan setiap pintu masuk tersebut berurutan dari selatan ke arah utara.
Perlu kita ketahui, untuk jalur babah tiga sendiri lebih banyak dilewati dan dipilih oleh wisatawan mancanegara. Area tersebut sangat baik digunakan untuk aktivitas berselancar. Mereka juga biasanya menghabiskan masa liburan musim panas di Pantai Lampuuk dengan mengambil Jalur Babah Tiga. Sedangkan untuk wisatawan lokal biasanya mengambil jalur babah satu atau babah dua.

Pantai ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Untuk menuju ke lokasi kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga paket wisata Aceh. Ada kelebihan dan kelemahan antara kedua pilihan tersebut. Jika kita memilih menggunakan kendaraan pribadi, maka akan lebih nyaman jika membawa banyak anggota keluarga atau juga teman. Namun kita akan mengurusi segala kebutuhan wisata secara mandiri.

Sedangkan jika kita mengunjungi Pantai Lampuuk dengan paket wisata maka kita akan diberikan banyak kelebihan seperti semua tiket sudah ditanggung, disediakan makanan, penginapan dan lain-lain. Namun sedikit tidak nyaman jika kita membawa banyak anggota keluarga terutama anak-anak. Jika anak kita menangis maka akan bisa menganggu ketenangan orang lain dalam rombongan.

Fasilitas Pendukung di Pulau Lampuuk

Sebagai tempat wisata yang sudah mulai populer kembali, Pantai Lampuuk memiliki banyak sekali fasilitas-fasilitas pendukung yang bisa kita gunakan. Kita bisa menikmati wahana wisata berupa banana boat yang sangat seru dan memacu adrenalin kita. Wisata ini sangat cocok untuk kita nikmati bersama kawan-kawan kita atau juga anggota keluarga.

Nah, bagi wisatawan yang dari daerah lain dan memerlukan tempat tidur sementara, ada berbagai penginapan yang bisa kita pilih. Ada banyak sekali jenis penginapan mulai dari Losmen sampai dengan Cootage. Tentunya semua penginapan tersebut bisa kita pilih sesuai dengan budget kita dan pelayanan serta fasilitas yang ditawarkan.
Bahkan saat ini banyak penginapan yang dibuat dan didirikan diatas tebing-tebing yang cukup tinggi. Tujuan utamanya adalah mengantisipasi terjadi hal-hal yang buruk seperti pada tragedi 2004 lalu. Namun kita jika berkunjung dan menginap di Pantai Lampuuk justru akan disuguhkan panorama yang indah dari atas bukit.

Layaknya tempat wisata Pantai lainnya, di daerah Pantai Lampuuk memiliki banyak sekali kios-kios penjual makanan. Ada berbagai jenis seafood yang bisa kita nikmati seperti ikan kerapu, ikan bakar, bawal, udang, cumi dan masih banyak lagi. Tentunya menikmati hidangan khas laut saat dipantai akan sangat cocok sekali. Apalagi jika kita mengajak keluarga atau teman agar semakin seru.

Untuk melestarikan ekosistem dikawasan sekitar pantai, ada sebuah konservasi penyu yang cukup menarik. Tempat konservasi ini terletak di jalur babah dua. Kita bisa mengajak anak-anak kita untuk memberikan edukasi kepada mereka tentang penyu dan juga kelestarian alam yang harus selalu dijaga. Anak-anak akan bisa melihat tukik-tukik pada kolam kecil.

Satu hal yang membuat banyak orang betah dan sangat menyukai Pantai ini adalah karena suasana sekitar yang masih sangat alami. Di sekitar Pantai Lampuuk terdapat perkampungan-perkampungan yang masih sepi. Dan sangat cocok bagi kita untuk menghilangkan penat karena aktivitas sehari-hari di kota. Jadi tidak heran jika kawasan wisata pantai ini cukup populer dikalangan wisatawan.

Untuk mengexplore destinasi tersebut, dan destinasi menarik lainnya yang ada di Banda aceh dan pulau weh sabang, anda boleh menggunakan jasa kami yang professional dan kami akan memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk lebih jelasnya seperti apa tour programnya silahkan anda check di link berikut ini.

KLIKPaket Tour Aceh Sabang MURAH 2 Hari 1 Malam

KLIKPaket Wisata Sabang Aceh HARGA TERBAIK 3 Hari 2 Malam

KLIKExplore Sabang Snorkeling Aceh TourĀ  MEMUASKAN 4 Hari 3 Malam

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *