Wisata PLTD Apung | Kapal Bersejarah Yang Dihempas Tsunami Aceh

Wisata PLTD Apung | Kapal Bersejarah Yang Dihempas Tsunami Aceh
Wisata PLTD Apung  Kapal Bersejarah Yang Dihempas Tsunami Aceh, masih ingatkah Anda dengan bencana tsunami yang melanda Aceh tepatnya pada tanggal 26 Desember 2014 silam? Peristiwa tersebut rupanya telah meninggalkan jejak yang kemudian diabadikan menjadi sebuah monumen atau bisa juga disebut sebagai situs tsunami. Salah satu dari sekian banyak bukti sejarah mengenai kekuatan tsunami yang melanda Aceh kala itu adalah Kapal Pembangkit Tenaga Diesel atau yang kini populer dengan sebutan PLTD Apung.
Wisata PLTD Apung  Kapal Bersejarah Yang Dihempas Tsunami Aceh, barangkali bagi masyarakat yang tidak terkena dampak tsunami kala itu tidak begitu mengenal sejarah kapal tersebut. Namun, bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya kapal tersebut menjadi saksi bisu kuatnya hempasan tsunami yang terjadi di tahun 2014. PLTD Apung sendiri memiliki panjang sekitar 63 meter dengan luas mencapai 1900 meter dan bobot sekitar 2600 ton.
Kapal PTLD Apung tersebut konon bisa menghasilkan listrik hingga 10,5 megawatt yang sedang tambat di are perairan Aceh. Tepatnya ialah Ulee Lheue Banda Aceh. Kapal besar ini kemudian terseret gelombang pasang tsunami di tahun 2014 silam. Wajar saja bila kapal ini bergeser hingga kurang lebih 5 KM menuju ke area daratan mengingat tinggi tsunami kala itu mencapai 20 meter.
Selang beberapa tahun setelah tsunami, kini kapal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Aceh dan pelancong luar daerah. Bahkan Anda bisa menemukan dengan mudah paket wisata Aceh dengan spot destinasi tersebut. Lantas, kira-kira seperti apa keunikan kapal sekaligus monumen bersejarah tersebut? Dari keunikan-keunikan di bawah ini Anda akan semakin penasaran untuk berkunjung.

Fasilitas Wisata PLTD Apung Yang Unik

Salah satu keunikan dari spot destinasi ini ialah fasilitasnya. Percaya atau tidak meskipun destinasi wisata ini berupa monumen kapal, akan tetap di dalamnya Anda akan menemukan hal yang menakjubkan. Monumen ini ternyata sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang disesuaikan dengan kenyamanan para pengunjung.
Beberapa fasilitas yang sudah pasti bisa digunakan oleh pengunjung yang datang ke monumen kapal tersebut diantaranya toilet umum, area parkir yang lumayan luas, tempat sampah di beberapa titik, serta mushola yang bisa digunakan untuk ibadah umat muslim.
Setelah masuk ke dalam PLTD Apung, Anda akan mendapati beragam media pembelajaran terutama yang berhubungan dengan bencana tsunami. Menariknya media-media tersebut dilengkapi dengan tanda-tanda terjadinya tsunami dan penanggulangan bencana tsunami itu sendiri. Selain itu, bila Anda menelusuri bagian lain terdapat ruang dokumentasi dan ruang pertunjukan teater.
Bagaimana dengan area luarnya? Jangan khawatir, di luar monumen terdapat restoran dan warung yang menawarkan kuliner khas. Nah, bila ingin menikmati paket wisata Aceh ini, Anda tak perlu risau karena di sekitar spot wisata monumen terdapat banyak penginapan tentunya sesuai dengan pilihan budget Anda.  Bagaimana tertarik berwisata ke spot bersejarah ini?

Pemandangan Di Sekitar PLTD Apung Yang Memukau

Dibangunnya monumen yang kini menjadi spot wisata bersejarah di Aceh ini sebenarnya memang ditujukan untuk mengenang keganasan tsunami yang melanda kawasan Aceh beberapa tahun silam. Dari monumen ini, wisatawan bisa belajar lebih banyak tentang bencana tsunami. Konon, dengan cara ini di masa depan masyarakat akan lebih siap menghadapi bencana serupa.
Selain di dalam museum kapal yang sudah dilengkapi dengan beragam foto yang rapi dipajang, pengunjung yang kebanyakan dari kalangan pelajar dan mahasiswa bisa menikmati panggung atau ruang teater pertunjukan. Masih kurang dengan fasilitas tersebut? Jangan berkecil hati karena di luar monumen, pengunjung disuguhi dengan pemandangan yang mempesona.
Apa yang bisa Anda lihat dari luar monumen? Dari luar spot tersebut, Anda bisa melihat luasnya lautan serta perkotaan. Pemandangan akan semakin terlihat makin indah ketika pengunjung melihatnya dari dek atas kapal. Tak hanya berhenti di situ saja, para pengunjung juga diperbolehkan menggunakan teropong. Dengan teropong tersebut, Anda bisa memandang hamparan lautan yang luas di bagian utara yang jaraknya hanya berkisar 5 kilometer dari PLTD Apung.

View Untuk Hunting Foto PLTD Apung Sangat Pas

Hunting foto saat ini menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap wisatawan ketika berada di sebuah tempat wisata tak terkecuali di lokasi wisata bersejarah ini. Pengen hunting foto di spot tersebut? Eits, jangan takut karena di sini Anda bisa berswafoto sepuasnya mengingat ada deretan bukit yang hijau dan
pemandangan perkotaan menjadi latar belakang foto.
Wisatawan bisa mengabadikan momen kunjungan ke spot tersebut dan kemegahan kapalnya dengan hunting foto. Ada banyak spot menarik dari kapal yang terhempas sepanjang 5 killometer ini. Misalnya saja tugu penunjuk waktu tsunami hingga relief terhempasnya kapal megah tersebut. Berbagai macam gaya bisa Anda coba saat berswafoto di sini. Terlebih bila foto diambil saat matahari terbit atau saat sunset alias matahari tenggelam.
Sebagai tips, bila Anda ingin mengambil pemandangan yang terbaik, sebaiknya pilihlah dek atas kapal tersebut. Dari atas dek PLTD Apung, Anda akan mendapati beberapa latar belakang foto yang lebih bagus. Nah, bila Anda ingin mengabadikan video dari atas kapal, sebaiknya gunakan drone di ketinggian tertentu.
Bagaimana bila ingin mengambil pemandangan dari bawah? Agar foto yang Anda ambil terlihat natural dan kapal tersebut terlihat jelas, sebaiknya tentukan dahulu jarak Anda dengan kapal. Usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan kapal.
Bagaimana, tertarik untuk ikut paket wisata Aceh dengan tujuan spot wisata bersejarah tersebut? Selain bisa menikmati indahnya panorama alam yang disajikan, wawasan kita mengenai bencana tsunami dan cara menanggulanginya semakin bertambah lho.
Untuk bisa memasuki kawasan wisata sejarah tersebut, para pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, bila Anda ingin sekadar menyumbang untuk pemeliharaan monumen, di area tersebut juga disediakan kotak sumbangan lho.
Bagaimana dengan waktu berkunjung spot ini? Spot wisata PLTD Apung sudah dibuka mulai pukul 9 pagi hingga jam 12 siang. Setelah itu, baru dibuka kembali saat pukul 2 siang hingga setengah 6 petang. Khusus untuk hari Jum’at, wisata ini buka pukul dua siang hingga 5 sore. Yuk, ke sini bersama keluarga dan anak-anak.
Bagi anda yang ingin mengexplore wisata aceh hingga ke sabang pulau weh, kami menyediakan paket berfariatif  seperti di bawah ini.
Untuk fast response reservasi dan harga terbaik silahkan hubungi :
Call / WhatsApp  0822 74 555 333

KLIK  – Paket Wisata Aceh Sabang Singkat  Padat 2 Hari 1 Malam

KLIK – Paket Wisata Aceh Sabang  Exclusive 3 Hari 2 Malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *